Rabu, 12 Oktober 2011

BACK TO POST OFFICE


Pada tanggal 14 September 2011, sekolah kita beserta SMPN 1 diundang untuk menghadiri kegiatan filateli yang diwakilkan oleh beberapa anak kelas 7 & 8. Didalam kegiatan tersebut, kami diberi penyuluhan mengenai kantor pos, dan hal – hal yang bersangkutan dengan filateli. Berikut ini hal – hal yang telah kami dapat pada kegiatan filateli tersebut .
Dahulu, siapa yang tidak mengenal kantor pos. Kantor pos merupakan lembaga yang sangat berperan untuk berkomunikasi jarak jauh. Namun pada zaman yang semakin berkembang dan canggih ini, fungsi kantor pos atau yang lebih khusus fungsi dari surat sebagai sara komunikasi sudah mulai tersisihkan. Orang – orang lebih sering memanfaatkan HP dan Internet untuk berkomunikasi. Namun dibalik itu semua PT. Pos Indonesia tidak berdiam diri. PT. Pos Indonesia selalu bekerja sehingga sarana berkomuniksi ini selalu berkembang mengikuti canggihnya zaman.
Pos Indonesia merupakan sebuah badan usaha milik Negara Indonesia(BUMN) yang bergerak di bidang layanan pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. Bentuk usaha Pos Indonesia ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995.
Fungsi dari kantor pos sendiri, bukan hanya untuk berkiriman surat . Kantor pos, dapat digunakan sebagai sarana keluar masuk-nya uang dari tabungan, pinjaman, pengiriman uang dengan wesel, pembelian alat-alat pos (perangko,amplop,dll), pembayaran listrik, air, dan fungsi – fungsi lainnya.
Dalam pengiriman surat kita tidak perlu khawatir dimana surat kita berada karena PT. Pos Indonesia menyediakan pelayanan pos express yang dapat kita lacak melalui internet. Pos express dapat mengirim surat secara cepat namun hanya ke kota-kota tertentu. Sedangkan surat kilat khusus dapat kita kirim ke seluruh Indonesia. EMS(Express Mail Service) merupakan sarana pengiriman barang ke luar negeri. Jadi apa yang harus kita khawatirkan ? PT. Pos Indonesia selalu menyediakan pelayanan yang terbaik untuk kita.
Kami dikejutkan oleh satu fakta yang menyatakan bahwa “ Di Bali terdapat kotak pos bawah laut “ karena sebelumnya kami sama sekali tidak pernah mendengar sedikitpun perencanaan pembuatan kotak pos tersebut. Sungguh menakjubkan bukan? Selain bisa menikmati alam bawah laut kita juga dapat mengirim surat. Surat yang digunakan terbuat dari bahan sintetis sehingga kedap air. Ongkos kirim hanya Rp 10.000. Alamat ke mana saja akan dikirim, walau ke luar negeri sekalipun. Adapun kotak pos ini bernilai investasi Rp 25 juta.  Kotak pos bawah laut ini resmi menjadi milik Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2011. Kotak pos tersebut terdapat di Pantai Amed, Kabupaten Karangasem, Bali. Ini menjadi kotak pos pertama di Indonesia, dan kedua di dunia setelah perairan Australia.            
Bentuk kotak pos tersebut seperti gapura ala Pulau Dewata berwarna putih. Kotak itu ditempatkan di kedalaman sekitar 10 meter. Dengan demikian, hanya si pengirim pos yang bisa menyelam yang akan mengirim karena pengirim harus memasukkan sendiri surat ke kotaknya. Untuk pengambilan surat tersebut, PT. Pos Indonesia bekerja sama dengan para penyelam yang ada  di Amed.
Apakah yang dimaksud dengan FILATELI ? Filateli adalah aktivitas atau hobi mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya seperti Sampul Hari Pertama. Pengumpulan benda-benda pos itu kebanyakan mengutamakan edisi lama, meski edisi baru juga ikut dikumpulkan. Semakin tua usia benda pos tersebut, maka harganya semakin tinggi. Di Indonesia, kegiatan Filateli mendapat dukungan dari PT. Pos Indonesia. Disetiap kantor pos besar terdapat loket atau ruang filateli.
Manfaat menjadi filateli adalah :
·        Menambah ilmu pengetahuan
               Contoh : Wawasan budaya dari tema sebuah perangko.

·        Menambah teman dan sahabat
Contoh : Mendapat banyak teman pada pertemuan-pertemuan filateli.

·        Memberi kepuasan
Contoh : Jika mendapatkan perangko yang disenangi, dan dapat mengoleksi dengan lengkap.

·        Sarana berprestasi
Contoh :  Menambah prestasi pada perlombaan yang menyangkut tentang perangko. Seperti, menata dan mendesain perangko.
·        Investasi
Contoh : Perangko yang langka, unik seperti perangko pertama, akan berharga mahal.

               Rowland Hill adalah seorang pria Inggris yang memiliki ide menjadikan perangko sebagai tanda pelunasan biaya pengiriman surat. Perangko pertama di dunia dikenal dengan nama “PENNY BLACK“ .  Bergambar Ratu Victoria. Diterbitkan di Inggris pada 1 Mei 1480. Sejak itu perangko terkenal di dunia. Di Indonesia terdapat perangko yang dapat menampilkan nama ataupun foto pribadi, perangko itu disebut perangko prisma.

               Menulis surat bukanlah sarana berkomunikasi yang kuno, melainkan sarana berkomunikasi yang terus berkembang. PT. Pos Indonesia selalu memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga kantor pos tidak menjadi tempat yang membosankan  melainkan menjadi tempat yang mengasikkan. Pergi ke kantor pos, menjadi filateli sangat seru bukan ?

Karya : Graciella 7B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar