Jumat, 29 Juli 2011

Etika Berpakaian

Arti “ Berpakaian Rapi “ : Ada yang tahu arti BERPAKAIAN YANG RAPI ? Ya, arti “ Berpakaian rapi “ adalah menggunakan baju/pakaian yang sopan, layak pakai dan bersih, berpakaian rapi bukan berarti menggunakan pakaian mewah, mahal dan baru.


Sebagai remaja yang baik, kita harus bisa membedakan mana yang baik dan yang tidak baik, jadi kita tidak perlu meniru cara berpakaian orang yang tidak baik, ada yang tau cara berpakaian seperti apa yang tidak baik dan tidak perlu kita kenakan ? Ya, rok yang terlalu pendek, baju yang hanya sampai setengah perut, memakai celana dibawah pinggul, dan sebagainya, jadinya kaya orang yang kekurangan kain .


Bagaimana Cara Berpakaian Rapi ? Berpakaian rapi cukuplah penting bagi kita, karena dari penampilanlah orang akan melihat kita dan menilai seperti apakah kita. Dalam berpakaian kita pun mempunyai tata cara dan etika. Jadi jangan sepelekan cara berpakaian itu.


Manusia membutuhkan pakaian (sandang) untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok dasar sehari-hari di samping kebutuhan akan tempat tinggal (papan) dan makanan (pangan). Pakaian dapat memberikan keindahan, proteksi dari penyakit, kenyamanan, dan lain sebagainya. Tanpa baju atau pakaian dapat mengakibatkan seseorang dikatakan gila.


Beberapa tata cara atau etika dalam berpakaian rapi dan sopan:
1. Menutup Aurat Bagian Tubuh
Artinyaa ..
Saat ini banyak kita jumpai gadis dan wanita yang tidak menutup aurat dengan bajunya, sehingga dapat memunculkan rangsangan kepada kaum laki-laki yang melihatnya. Ada banyak pilihan pakaian yang tertutup dan sopan yang bisa digunakan tanpa mengurangi kecantikan perempuan. Seharusnya pemerintah memberikan teguran dan hukuman bagi orang-orang yang mengumbar tubuhnya.


2. Sesuai Dengan Tujuan, Situasi dan Kondisi Lingkungan
Artinyaa ..
Jika ingin sekolah gunakanlah pakaian seragam sekolah, bukan pakaian untuk tidur (piyama), renang, kerja, dan lain-lain. Apabila suhu di luar rumah sangat dingin, gunakanlah jaket yang tebal, bukan memakai pakaian tipis.



3. Tampak Rapi, Bersih, Sehat, dan Ukurannya Pas
Artinyaa ..
Pakaian yang dipakai sebaiknya pakaian yang telah dicuci bersih, disetrika rapi dan jika dipakai tidak kebesaran maupun kekecilan. Pakaian yang kotor merupakan sarang penyakit bagi kita diri sendiri maupun kepada oang lain yang ada di sekitarnya.


4. Tidak Mengganggu Orang Lain
Artinyaa ..
Pakailah baju-baju yang biasa-biasa saja tidak mengganggu akivitas maupun kenyamanan orang lain. Misalnya menggunakan gaun wanita dengan ekor puluhan meter sangat tidak pantas jika kita gunakan di tempat seperti di bus umum.


5. Tidak Melanggar Hukum Negara dan Hukum Agama
Artinyaa ..
Sebelum memakai pakaian ada baiknya diingat-ingat dulu hukum di dalam maupun di luar negeri. Hindari memakai pakaian yang bertentangan dengan adat istiadat, hukum budaya yang berlaku di tempat tersebut. Di mana bumi di pajak, di situ langit di junjung.


Apabila kalian bisa berpenampilan rapi, maka kamu adalah orang yang berpenampilan menarik. Jadi tidaklah perlu kita berpakaian yang tidak sopan, mungkin dikatakan lagi nge-tren, keren, padahal itu sangat tidak bagus, dan kita bisa dinilai buruk orang lain, tentu tidak mau bukan ?  ayo mulai sekarang kita sama – sama memperhatikan pakaian kita, jangan sampai kita terjerumus ke pergaulan yang salah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar